Menjalankan Komputer (Personal Computer)

Pada pokok bahasan ini akan membahas tentang bagaimana menjalankan komputer yang dimulai dari mempersiapkan penyalaan komputer, menyalakan komputer, mengoperasikan komputer, mematikan komputer (shut down), restart komputer.
 
Mempersiapkan Penyalaan Komputer
Hal yang perlu di perhatikan sebelum menyalakan komputer antara lain :
  1. Pastikan perangkat‐perangkat seperti keyboard, mouse, monitor sudah terpasang dengan benar
  2. Pastikan bahwa power supply komputer sdh tersambung ke UPS atau stabiliser atau langsung ke jala‐jala listrik PLN.
  3. Pastikan bahwa komputer tersebut sudah terinstall sistem operasi dari program aplikasi yang dibutuhkan.
  4. Pastikan bahwa disekitar komputer tidak terdapat minuman atau makanan yang mengandung airMenyalakan Komputer
Langkah‐langkah menyalakan komputer dengan langkah sebagai berikut :
 
  1. Menekan tombol power pada CPU kemudian diikuti dengan menekan tombol power monitor, lihat gambar
  2. Pastikan gambar tampilan POST (Power On Self Test) sukses sehingga muncul di layar seperti pada gambar Tunggu hingga tampilan Sistem operasi muncul seperti pada gambar. 
  3. Jika sistem operasi yang digunakan terproteksi atau membutuhkan password untuk log in, maka masukkan yang sesuai pada user yang di pilih, tetapi jika tidak membutuhkan tekan salah satu user log in yang tersedia
  4. Selanjutnya tunggu hingga ruang kerja atau dekstop sistem operasi muncul seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :
Mengoperasikan Komputer
Megoperasikan komputer dapat menggunakan perintah melalui keyboard (keyboard shortcut) atau menggunakan mouse untuk menekan tombol‐tombol yang telah disiapkan oleh sistem operasi yang digunakan. Perhatikan penjelasan berikut ini :
 

Menggunakan Start Menu
Berfungsi untuk memulai suatu program atau aplikasi. perhatikan tombol ini terletak dibawah sudut kiri desktop.


Untuk menggunakan tombol start menu adalah dengan mengklik satu kali hingga muncul menu kemudian arahkan pointer ke arah yang diinginkan tanpa mengklik, karena dengan sendirinya menu tersebut akan terbuka.
Tips Komputer - Mengenal Taskbar Pada Windows


Sebagai latihan, bila ingin menunjuk suatu aplikasi sebagai contoh internet explorer, klik start menu kemudian arahkan pointer ke Programs, lalu arahkan ke Internet Explorer.
Perhatikan garis dibawah salah satu huruf di start menu, perintah diatas dapat digunakan dengan mengetik tombol start di keyboard dan huruf yang digaris bawah. Lalu kursor di keyboard untuk memilih menu yang diinginkan.

Tips Komputer - Mengenal Taskbar Pada Windows

Posisi mouse ditampilkan dalam monitor. Biasanya tampilan mouse ini berupa gambar panah. Dapat pula tampilan ini berbentuk jari tangan dan bentukbentuk lainnya. Saat Anda menggerakkan mouse, panah di monitor akan bergerak pula. Panah itu disebut kursor atau pointer. 

Pada umumnya, mouse memiliki dua buah tombol. Akan tetapi ada pula mouse yang memiliki lebih dari dua tombol. Selain itu, mouse jenis mouse scroll memiliki bagian berbentuk roda. Roda ini terletak di ujung tengah mouse. Roda mouse diapit oleh dua tombol mouse. Roda mouse disebut sebagai scroller. Scroller bermanfaat untuk menggulung layar dari suatu program aplikasi. 

Jika Anda melakukan klik pada tombol kiri mouse maka Anda melakukan klik kiri. Sebaliknya, jika Anda melakukan klik pada tombol kanan mouse, berarti Anda melakukan klik kanan. Klik kanan sering digunakan untuk mempersingkat langkah sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat. 

img1

Gambar 1.28 Bagian-bagian mouse
Meski teknologi mouse berkembang, prinsip penggunaan mouse tidak banyak berubah. Perhatikan cara menggunakan mouse optik berikut.
  1. Pegang mouse, kemudian geser atau gerakkan ke arah yang Anda suka. Perhatikan gerakan kursor saat mouse digerakkan. Kursor akan selalu mengikuti arah gerakan mouse. Mengarahkan kursor ke suatu objek disebut pointing.
  2. Gerakkan mouse hingga berada di tombol start. Tetap letakkan kursor pada tombol itu. Anda akan melihat tanda Click here to begin. Kliklah tombol kiri mouse tepat saat kursor berada pada tombol start. Untuk membatalkan perintah, klik tombol kiri mouse di bagian ruang desktop yang kosong.
  3. Gerakkan mouse hingga berada di tombol start. Tetap letakkan kursor pada tombol. Kliklah tombol kanan mouse itu. Anda akan melihat beberapa pilihan muncul (perhatikan Gambar)
img2

Pilihlah Explore menggunakan klik kiri. Komputer akan masuk ke program Windows Explorer. Tutuplah Windows Explorer dengan cara melakukan klik tanda silang di kanan atas tampilan Windows Explorer. Lakukan seperti petunjuk dalam Gambar 1.32.
img3
Gambar Menutup Windows Explorer

4. Klik dapat pula dilakukan dua kali dengan cepat. Cara ini disebut klik ganda (double click). Untuk mencoba cara ini, lakukan langkah-langkah berikut. Perhatikan tampilan awal Windows XP. Pastikan bahwa di halaman itu terdapat jalan pintas (shortcut), misalnya ikon Mozilla Firefox. Pada jalan pintas itu, lakukan klik kiri sebanyak dua kali dengan cepat. Apakah yang terjadi? Layar monitor Anda akan menampakkan wilayah kerja Mozilla Firefox.

5. Bukalah program aplikasi, misalnya Microsoft Word. Caranya, klik start kemudian klik All Programs. Pilih dan lakukan klik pada Microsoft office. Langkah terakhir lakukan klik pada Microsoft Office Word 2003. Tunggulah hingga komputer menampilkan halaman Microsoft Word. Pada halaman ini, putarlah roda pada mouse ke arah bawah. Anda akan mendapati halaman Microsoft Word yang bergerak ke atas. Cara ini disebut menggunakan penggulung (scroller). Penggulung berguna saat Anda harus ”menggulung” layar dari program aplikasi tertentu yang sedang dijalankan. Pekerjaan ini perlu Anda lakukan karena halaman tersebut lebih panjang atau lebih lebar daripada halaman monitor komputer. Program aplikasi yang menggunakan penggulung antara lain Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Access, serta program-program pembuka internet (browser).

Mematikan Komputer (Shut Down)
Apakah fungsi shutdown tersebut ? Fungsi ini dipergunakan untuk me‐non fungsikan sistem operasi dan perangkat keras lainnya dalam keadaan mati (OFF). Untuk itu perhatikan langkah‐langkah shutdown yaitu sebagai berikut :

Langkah Pertama
Klik start menu lalu klik tombol Shut Down atau Turn of Komputer seperti gambar di bawah ini :

Langkah Kedua
Setelah mengklik tombol Shutdown, maka menu Shut Down Windows tampil dan langkah selanjutnya klik Ok, seperti pada gambar berikut :

Setelah Shut Down aktif maka selanjutnya windows akan menampilkan jendela Log off seperti berikut :
Gambar Proses Log Off
 

Restart Komputer
Restart berfungsi untuk memulai komputer kembali dari awal, fungsinya hampir sama dengan Shut Down. Tetapi untuk Restart, komputer dalam keadaan hidup tetapi sistem akan berjalan dari awal. Langkahlangkahnya sama seperti pada Shut Down, dan menu yang dipilih
adalah Restart, lalu klik Ok.
 
Tips (Untuk Sistem Operasi Windows XP dan Windows 2000)
Log Off Komputer
Fungsi ini berguna untuk mengganti pengguna (user). Dalam arti kata, apabila komputer ini dipergunakan oleh beberapa orang, data yang bersifat pribadi tidak biisa dibuka oleh pengguna lain.
Stand By Komputer
Fungsi ini berguna untuk menjaga agar komputer dalam keadaan siaga, atau dalam keadaan hidup bila ingin terus menghubungkan komputer dengan internet, telepon dan sebagainya.
Hibernate Komputer
Fungsi ini bertugas menyimpan data-data terakhir didalam suatu aplikasi, sehingga bila komputer dimatikan dalam proses ini, dan komputer dihidupkan kembali, data atau aplikasi akan terlihat seperti sebelum dimatikan.

0 comments :

Post a Comment